Jumat, 04 Februari 2011

Tugu Itik Amuntai



















Semua kota mempunyai keunikan dan kekhasan nya sendiri, begitu pula dengan kota amuntai ini. Dikota ini terdapat hewan khas, yaitu “itik mamar” (di kenal dengan sebutan itik alabio).
Binatang ini dijadikan maskot kota amuntai, bahkan di kota amuntai terdapat dua ekor patung itik yang sangat besar. Patung ini terletak hanya beberapa meter dari rumah gw. hehe

Pada umumnya orang mengenal itik alabio, yang sebenarnya sentral penetasan dan peternakannya terdapat didesa mamar. Desa ini terletak sekitar 5 Km dari kota Amuntai. Dimana didesa ini mayoritas masyarakatnya beternak itik dan menetaskan telur itik. Dalam satu bulan ratusan ribu anak itik ditetaskan didesa ini, untuk selanjutnya dipasarkan. Adapun sebutan itik alabio karena tempat pemasaran utamanya terdapat di alabio kecamatan Sungai Pandan.

Itik mamar sudah merambah pasar nasional, bibit-bibit itik ini dipasarkan sampai keluar provinsi kalimantan selatan. Harga itik dipatok dari besarnya permintaan , perbandingan antara itik jantan dengan itik betina sangat jauh , dimana harga itik betina mencapai 300% sampai 400% lebih mahal dari itik jantan.
Adapun cara penetasan nya ada dua cara:
1. Dengan cara menggunakan mesin dengan panas lampu yang sudah otomatis.
2. Dengan cara tradisional, yaitu menggunakan peti atau yang disebut dengan “Barunjung”, yang dilapisi dengan sekam padi.

Satu lagi kalau kita berkunjung kekota ini. Yaitu jangan lupa untukmenyantap itik panggang . Itik panggang merupakan makanan favorit dikota ini. Tidak jarang orang dari luar kota berkunjung ketempat ini hanya unuk menyantap itik panggang kahs kota amuntai. Walaupun didaerah lain terdapat rumah makan yang menyediakan itik panggang, namun rasa itik panggang kota amuntai lebih lezat dan nikmat, harganya pun tidak terlalu merogoh kocek kita dalam-dalam.

Sumber: http://www.hulusungaiutara.go.id/component/content/article/1-info-pariwisata/1-maskot-kota-amuntai.html


Taman siring dekat tugu itik (dekat rumah gw)







Biasanya gw main bola sama temen2 gw ditaman ini.
Tapi sekarang udah kapok, karena salah seorang dari temen gw ada yang mecahin lampu taman gara2 kena bola yang dia tendang.
Kami kapok main bola disini karena dimarahin sama orang2 kampung kami dekat taman tersebut.





Sejak kena marah orang2, sekarang kami cuma berani nongkrong ditaman tersebut.

Temen2 gw lagi nongkrong

1 komentar: